Bahrul Ulum Dot Com

Mendukung Internet Marketing Indonesia

LightBlog

Breaking

08 Juli 2013

Tool Spell Checker Bahasa Indonesia Offline

Alat Periksa Ejaan Bahasa Indonesia Secara Offline


Artikel Tool Spell Chekker Bahasa Indonesia Offline ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya ketika menulis dalam bahasa Indonesia ,yang misalnya untuk membuat analisa pasar di indonesia , yang kadang saya suka salah ketik, baik ejaan kata atau kurang atau kelebihan huruf nya .

Spell Checker Bahasa Indonesia


Menggunakan Microsoft words yang di beri opsi  checker dictionary bahasa Indonesia, kadang bisa bekerja, kadang tidak bisa ( Lihat tips cara menambah dictionary bahasa Indonesia kedalam WORDS disini atau tutorial dalam bahasa Indonesia nya bisa lihat disini ).

Akhirnya saya cari alternatif lain dengan tool atau software gratis yaitu dengan menggunakan fasilitas dari browser Google Chrome.

Trik ini saya tulis ketika saya menulis di dashbor blogspot, saya lihat ada garis-garis penanda dibawah kata yang salah dalam ejaan nya. Lalu saya berfikir bagaimana caranya agar bisa dipakai offline. Ah ternyata bisa!. Tentu saja alat ini nanti penggunaannya lewat browser Google Chrome.

Cara membuat Tool Pemeriksa Ejaan Bahasa Indonesia.

Langkah Pertama : membuat File HTML spellchecker

1.Copy code ini dan pastekan ke dalam notepad.

<!DOCTYPE html>

<html lang="in" dir="ltr">
<head>
<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">
<style type="text/css">
body{background:#222;}
textarea{margin:10px auto;font-size:16px;padding:10px}
#kotak{width:739px;margin:10px auto;border:1px solid #ccc;padding:10px;
background:rgb(181, 196, 197)}
</style>
</head>
<body>
<div id="kotak">
<div id="dalamkotak">
<textarea rows="80" cols="70">
Silahkan Tulis disini...
</textarea>
</div>
</div>
</body></html>

2.Lalu save as dengan nama terserah anda : Misalnya : "spelcheckerindonesia.html" . Bila belum tau cara save as file HTML, ini caranya : Klik pada notepad: tab FILE ( di kiri pojok atas) , lalu pilih "SAVE AS" , lalu pada kotak File name , isi dengan : spelcheckerindonesia.html , kemudian di kolom Save As Type, pilih ALL FILES. Baru klik tombol SAVE. ( Save pada folder yang anda ingat, atau pilih saja dekstop)

Langkah dua : Men setting Browser Chrome

Jika chrome di komputer anda default nya dalam bahasa inggris, maka perlu di setting untuk bisa memeriksa ejaan bahasa Indonesia. Caranya sbb :

  1. Klik ikon setting ( Di paling pojok kanan atas browser chrome )
  2. Lalu klik Setting atau Setelan
  3. Cari pada bagian setelan Bahasa , jika tidak ada, klik pada link :" Tampilkan setelan lanjutan... ( Paling bawah halaman )" . Jika sudah ketemu , klik pada tombol Setelah bahasa dan masukan...
  4. Selanjutnya akan muncul jendela, dimana ada dua kolom disana.Pada kolom kiri pilih : bahasa Indonesia. Jika belum ada,  klik pada tombol :"Tambahkan" , nanti akan muncul jendela baru lagi, cari dan pilih pada bahasa Indonesia.Pastikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang digunakan untuk pemeriksa ejaan ( Tulisan disebelah kolom kanan).
  5. Klik Tombol Selesai.

Cara menggunakan Tool pemeriksa ejaan kata ini

Kini kita bisa mulai menulis dan memeriksa ejaan kata dalam bahasa Indonesia. Buka file spelcheckerindonesia.html tersebut , dan mulailah menulis di kolom yang ada, atau bisa pula dengan mem paste tulisan dari MS words atau lainnya.

Setiap kata yang salah dalam ejaan, akan diberi tanda garis oleh si browser, dan itu yang harus kita ubah. Untuk mengubahnya bisa dengan mem blok kita yang salah, lalu klik kanan , nanti ada referensi kata yang bisa dipilih, jika tak ada, maka kita bisa mengedit secara manual.


Tool Periksa Ejaan Bahasa Indonesia
Garis titik-titik merah: penanda kata yang salah ketik


Jika ada kata dalam bahasa Inggris, biasanya si browser akan tetap memberi tanda error, itu karena si browser telah kita setting ke bahasa indonesia. Kita tentunya tidak bisa mengubahnya jika memang harus ditulis dalam bahasa inggris. Agar tanda error itu hilang, kita harus menambah kata itu kedalam kamus.

Caranya dengan mem blok kata yang dianggap error, lalu klik kanan dan pilih "Tambah Ke kamus". Setiap kata yang kita tambah ke kamus, akan disimpan di database chrome yang bisa kita edit atau kita tambah manual dengan cara :
Sama dengan cara settingan bahasa diatas, Cuma kita tambah dengan klik link :  Kamus ejaan khusus ( dibawah jendela yang muncul). Dan disitu nanti akan terlihat daftar kata yang pernah kita tambahkan, kita juga bisa menambah kata lain jika kita mau.

Tool Spell checker ejaan Indonesia
Memblok kata bahasa Inggris untuk masuk ke kamus

Apa Manfaat nya dari Sisi SEO?

Menurut yang pernah saya baca (Saya lupa sumbernya) bahwa kekacauan dalam tata bahasa atau banyak nya eror yang ada didalam ejaan suatu artikel bisa mempengaruhi hasil SERP (Search Engine Result Page). Benar atau tidak nya saya kurang tahu. Tapi setidaknya kita telah berusaha untuk membuat nyaman pengunjung blog , karena semua kata telah dibuat dengan ejaan yang benar.

Demikianlah tulisan membuat tool sederhana untuk spell checker bahasa Indonesia Offline ini saya publish.
Semoga bermanfaat

2 komentar:

  1. Tengkyu mas Bahrul, tool simple dan berguna bgt nih. ane coba dolo dah.
    btw kalo buat bahasa inggris gimana mas?
    Br-Rubyato

    BalasHapus
  2. Bermanfaat sekali mas, mantap. Jadi memudahkan saya untuk melakukan pengecekan ejaan secara offline. :)

    BalasHapus

Maaf Juragan,Bos-bos, Komentarnya jangan spam yah. Yang Komentnya spam tdk akan saya tampilkan. Yang ada Link di Komentar juga tdk akan saya tampilkan.Trimakasih atas pengertiannya.
Apa itu Komentar Spam menurut saya?
Silahkan lihat disini : Contoh SPAM..