Bahrul Ulum Dot Com

Mendukung Internet Marketing Indonesia

LightBlog

Breaking

28 Maret 2012

Contoh Komentar SPAM

Contoh Komentar SPAM di blog - Apakah anda mencari info contoh komentar SPAM ? Baca contoh-contoh Komentar spam agar kita terhindar dari berkomentar yang berbau spam diblog bahrul-ulum.com .

Komentar_SPAM

Komentar spam adalah komentar  yang sangat tidak disukai oleh pemilik blog ( Karena tidak bisa menghemat  space hosting ). Bayangkan untuk satu komentar saja, berapa space hostng yg dibutuhkan? itu kalau satau ,kalau ada sepuluh saja sehari.. itung aja sendiri dahh.Para pemilik hosting gratis juga mewanti-wanti agar menyaring komentar spam, bahkan blogger pun sudah memebrikan layanan spam filter ini .Dan juga search engine yg akan mempinalti blog yg banyak sekali komentar spam nya. 

Tapi sayangnya komentar spam sangat disukai oleh pencari backlink  dan oleh si pemberi komentar spam itu sendiri.

Contoh Komentar SPAM yang saya tulis di halaman  ini adalah yang saya copy dari beberapa blog saya , baik yang tertangkap oleh spam filter blogger atau saya sendiri yang menyaringnya.Awal nya saya membiarkan saja komentar bernada spam ini lolos tampil di form komentar.Tapi lama-lama saya agak jengah juga, kok yah yang komentar kayaknya asal ajah, sepertinya asal kasih kalimat tanpa perhatikan apa yang tertulis di artikel blog.

Mungkin… diantara si pemberi komentar , sebenarnya tidak bermaksud untuk komentar spam, misalnya orang yang baru saja ngeblog yang tidak tau apa itu spam. Atau orang yang tdk punya waktu banyak,tapi ingin tetap ber komentar sekedar mengucap terimakasih karena telah terbantu dengan artikel yang ada.Tapi oleh filter spam semacam akismet, ini akan terdetect sebagai spam.

Sebenarnya kalaupun kita terlalu sibuk untuk membaca artikel , tapi memang berniat untuk silturahim dengan memberikan tanda jejak komentar, kita bisa melakukan trik cara memberi komentar yang baik dibawah ini agar kita tidak terlalu spam, dan terasa ada nilai penghargaan kepada si pembuat artikel blog.

 

Trik sederhana memberi komentar agar tidak dianggap spam

Ini adalah berdasarkan pengalaman saya sebagai berikut :

1. Sertakan nama si pembuat artikel . contoh : makasih mas Bahrul, saya terbantu atas artikel ini

2. Akan lebih bagus dengan Ini : Copy dan paste Judul artikel didalam komentar kita. Misalnya : makasih mas Bahrul , artikel contoh komentar spam nya bermanfaat.

3. Akan lebih bagus lagi dan terasa menghargai dengan komentar ini : “ Trimakasih mas Bahrul , artikel contoh komentar spam nya bermanfaat. Semoga kedepannya saya bisa memberi komentar yang baik di blog orang lain.

Dua contoh komentar singkat teratas ,sebenarnya juga kurang baik, tapi menurut saya ini adalah contoh komentar yang paling baik diantara contoh komentar spam lain.

Nah dibawah ini adalah contoh komentar spam yg tertangkap di beberapa blog saya :

  • · makasih boz moga tuhan slalu kasih yang terbaik buatmu
  • · Asik akhirnya tahu jg nich....thanks
  • · makasih ya, kebetulan ini lagi ngerjain tugas web
  • · thanks ya bro, akhirnya yg kucari ada di sini.
    terus berkarya mas. Coba liat hasil percobaanya ya mas disini 
  • · thanks banget atas infonya. sungguh bermanfaat sekali. silahkan berkunjung ke web kami.
  • · Salam kenal !Thanks infonya
  • · Akhirnya ketemu juga yang aku cari.......... makasih banyak 
  • · thanks mas saya coba dulu
  • · bagus sekali bro... semoga menjadi ilmu yang bermanfaat..
  • · Pertamax thx infonya
  • · waduh keren skali yo mas...... good dah pokok nya hehheh
  • · MAKASIH,,,,TAs TIpsnya,,,
  • · terima kasih ilmunya
  • · thanks yah mas atas tutorialnya...
  • · Maantab betul bro tutorialnya, thankyu3.....
  • · ok mkcih om..... posting ono sangat membantu sy tuk tau lebih banyak tentang blogger.....
  • · wah.... ternyata yang ku cari selama ini dapat juga.........makasih bro.....terus berjuang....
  • · benar2 membantu ,, thanks ya??
  • · terima kasih ilmunya bos...
  • · Thx Sobat atas Ilmunya..ini dia yang saya cari..
  • · Thank's bro.. postingnya sangat membantu... :)
  • · wah bagus banget artikelnya mungkin bisa lebih terinci lgi terimkasih...!!
  • · Thank ya saya butuh banget nih post
  • · wih hebat deh
  • · saya tunggu infonya lagi ya
  • · good.. ^^
  • · Thanks Bro.....!
  • · terima kasih informasinya
  • · dah lama saya cari informasi seperti ini
  • · akhirnya dapat juga di sini
  • · wah ,makasi bgt ni pak ,atas ilmunya ..
  • · Semoga ilmunya bapak ditambah oleh Allah . :)
  • · terima kasih buat semua tutorialnya...sangat membantu buat pemula seperti saya.
  • · siip markusip top markotop
  • · Gue coba dulu yahh.. bro..
  • · Thanks infonyua bagus banget...
  • · Mampir juga ke blog gue yah
  • · wah hebat
  • · aq juga baru ajaran bikin blog, mhn bimbingannya
  • · mas cba main keblog aq yach..mnta kritikannya..
  • · terima kasih atas infonya akan saya coba nanti
  • · tq,, tq,, tq...
  • · ok nuhun pisan infonya
  • · keren bro.. thx.
  • · Wah makasih buat ilmunya..
  • · nice share kang.. aku cari2 akhirnya ketemu
  • · okelah
  • · terimakasih buat infonya....

Demikianlah artikel contoh komentar spam ini saya poskan, mohon dimaafkan jika ada yang kurang berkenan. Harapan saya agar kita lebih kreatif dalam blog comenting, dan lebih menghargai blogger yang sudah susah payah membuat artikel nya.

Salam hangat

Bahrul Ulum

34 komentar:

  1. Kalau saya berkomentar pada postingan yang membuat saya ingin menyampaikan tanggapan saja mas jadinya biasanya berisi opini, tanya (kalau tak tahu), minta kejelasan (kalau postingannya sulit untuk dimengerti)..
    Karena saya tahu linkbuilding yang saya lakukan untuk web komersil saya jadinya wajib membangun branding di internet dan moga2 komentar saya tidak membuat risih pemilik blog begitu pula dengan anda..
    Nice share dan sukses selalu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas Jefry atas tanggapannya. Saya juga punya web komersil, yaitu web pekerjaan offline saya di aluminiumkaca.blogspot.com dan sumberaluminium.com . Jadi saya ikut merasakan kesulitan yang dialami oleh anda.

      Tapi jangan khawatir, masih banyak webmaster yang tidak terlalu perduli dengan komentar spam yg ada di webblog nya.. :D

      Semoga dimaklumi
      Salam

      Hapus
  2. Waduh, rupanya komentar-komentar seperti yang disebutkan diatas termasuk komentar spam ya? Banyak tuh komentar seperti itu blog-blog. Oke deh, Terima kasih atas masukan dan informasinya. Karena saya baru tahun setelah membaca artikel anda.

    BalasHapus
  3. kalau aq sih kalau sperti contoh d atas d maklumin aja..
    asal komentar nya jgn cuma Nice,thanks,Sip tu aja udah..
    asal melebihi 3 atau 4 kata ga pa" klo menurut aq..hehe
    walau pun sedikit malas melihatnya..

    BalasHapus
  4. berarti kalau komentar nya cuma beberapa kata itu spam yah mas..?...saya kurang begitu faham soal spam..jadi kalau ada yang komentar sulit mebedakan mana yang spam dan mana yang bukan spam...

    BalasHapus
  5. Iya, juga sich mas, coba klo ng-blognya pake wordprss..di sana jg ada beberapa plug-in anti spam. Jadi nggak perlu repot2, hanya saja hosting berbayar, seperti org, com. dsb. di sisi lain, saya juga pernah melihat suatu blog populer (yg udah memasang plug-in tsb)....dan timbul pertanyaan terhadap saya, apa itu perngertian spam, sich?..krn dari bbrp sumber, berlainan pengertian sich, mas. Thank's jg infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. To Didit, Salah satu web wordpress saya sempat down beebrapa hari karena diserbu oleh komentar spam yang dijalankan dari software.Ini karena saya lupa reaktivasi plugin anti spam saat saya update script wordpress.
      sebuah pengalaman yang mahal...
      Soo... meskipun saya juga punya software untuk koment massal, tapi saya sudah tidak pernah menggunakannya lagi.

      trims sudah koment yah
      Bahrul

      Hapus
  6. masih bingung juga dengan komentar spam, misalnya kalo cuman itu yang ingin disampaikan? maksudnya sebagai rasa terima kasih... kan tinggal say thank'z
    bagaimana kita tahu kalo dia membaca semua isi artikel?
    -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sob..
      bagaimana klo kita posting cerita lucu, terus ada komen yang bilang-->
      - hahaha, gokil nich cerita
      - wkwkwkwk, ceritanya ngocol sob
      - jiahh ketawa guling-guling bro
      komentar yang hanya tertawa saja dsb, apa bisa disebut spam??, padahal mereka emang komentar sesuai artikel, apa mereka harus komentar panjang2 supaya gak dibilang spam?? dan apa kita tau klo yang nulis komentar di blog kita membaca artikel kita sepenuhnya, atau gak??
      klo saya sih jujur bersikap lebih bijak aja, klo sesuai artikel wlwpun komentarnya pendek no problem, tapi klo komentanya mau panjang gimanapun, klo saya gak suka bakal saya hapus, krna saya pemilik blog :D

      Hapus
    2. To Mas Agung Ak,
      Kalau komnetar yang mas Agung contohkan , itu bukan spam, karena itu masih ada relevansi dengan artikel, meski komentnya cuma singkat.

      Lha kalau cuma begini :
      "Trimakasih atas artikel nya ."

      Apa coba menurut mas Agung?

      BTW..thanks atas interaksinya
      Salam
      Bahrul

      Hapus
  7. jujur saja mas, saya mau niat nyepam, sekalian minta bantuan backlink dari blog mas mohon dimaapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. to Mas Pepino,

      Kadang2 kalau saya lagi malas nyortir, dan lolos dari mesin anti spam google, saya lolosin juga sih . :D

      Hapus
  8. beneran nih, saya masih dalam kegelapan kalau masalah spam, bingung kategoriny itu gimana dan belum pasti. Sejauh ini saya sering berkomentar seperti contoh-contoh di atas, yang cuma ucapan terima kasih dan itu di blog-blog yang ada pesan jangan berkomentar spam, tapi kok ditampilin juga?? bingung kan!
    Terus bagaimana patokannya? kalau patokannya seperti yang di sampaikan mb elfianda mohon maaf saya kurang setuju karena kata-kata "infonya menarik infonya menarik infonya menarik banget" sudah lebih dari empat kata. Saya cenderng lebih setuju ke pendapat mas bahrul yang harus dilihat relevansinya. Jadi kalau pendek ngga masalah, misalnya "nice info gan".
    Nah untuk mengatasi agar orang tidak berkomentar pendek seperti itu, kita harus tambahkan rule, misalnya berikan pendapat membangun, masukan dan saran tentang artikel di atas. Kalau tidak diberi rule seperti itu mereka engga salah toh satu kata "nice" juga komentar kan. Tapi terlepas dari itu kalau menurut saya pengkategorian spam itu berdasarkan rule masing-masing pribadi gan, hhe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. To Irpansah,
      Pada dasarnya komentar spam itu dibuat oleh orang yang sedang mencari backlink untuk web nya atau web orang lain untuk tujuan meningkatkan hasil SERP. Atau juga utuk tujuan komersil mislany ingin menjual sesuatu atau juga untuk hanya memperkenalkan web nya sendiri.

      Hal ini dilakukan secara sengaja, baik itu manual maupun dengan software.Yang bukan bertujuan untuk ber interaksi dengan si pemilik blog atau dengan pengunjung lain.

      Saya bilang begitu karena saya dulu juga pernah melakukannya...haha.

      Nah.. yang jadi masalah, komentar spam yang dilancarkan dalam jumlah banyak, akan membuat hosting server kelabakan.Ini terjadi juga pada Website wordpress.org saya yang sempat down beberapa hari karena diserbu komentar spam dari luar negeri karena saya lupa me reaktivasi plugin antispam saat update script.

      Kalau saya pribadi, sekarang ini jika sedang ingin mencari backink, maka saya akan mendatangi satu persatu blog orang lain, lalu sedikit membaca isi blog ,lalu kasih deh komentar yang ada kaitannya walau cuma sedikit saja dengan artikel yang ada. Atau bisa juga dengan cara melihat isi komentar yang sudah muncul disitu, dan mereka-reka topik nya. Sehingga komentar kita tidak meleset2 bgt.

      Contoh pada komentar si pepino diatas, yang saya loloskan karena cuma nyerempet kata "nyepam" .. haha..
      dia mungkin tdk baca artikelnya... tapi ada hunbungannya toh...?

      Bayangan dengan contoh koment spam kayak gini :
      " Artikel yang sangat bermanfaat, teruskan berkarya,semoga mendapat pahala . Dan kunjungi juga blog saya di..bla...bla..."

      Ayooo.. menurut anda .. dia baca ga tuh artikel yang ada disini ? ...pasti ga kan yah... hehe..

      Ya udah.. kalau memang ada yang salah.. mbok ya tolong maafkan saya.

      Saya cuma ingin membantu anda yang mungkin sedang mencari backlink agar mudah disetujui oleh webmaster nya.

      Salam
      Bahrul Ulum

      Hapus
    2. Hahaha, ga ada yang salah mas, cuma kebebasan pendapat aja mengenai persepsi spam. Semakin banyak persepsi kan semakin berwarna, juga semakin indah. Kalau sekali bahas orang sudah sepakat persepsi spam ya sudah, masalah sepam cuma akan di bahas sekali, habis itu tenggelam, tidak akan muncul-muncul lagi.. ckckckck

      Tapi jujur, dari artikel nya mas bahrul pandangan saya mengenai spam jadi lebih terbuka. Terus berkarya mas..

      Hapus
    3. To Irpansah,
      It's Okey mas Irpan...ohya berkat komentar nya saya juga sudah menuliskan sedikit tambahan rule diatas kotak form komentar ,agar pengunjung yang mau komentar lebih konsern atas hal ini...
      Thanks yah...

      Hapus
  9. Komentar singkat itu bukan spam, itu artinya kita menghargai yang menulis artikel nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, asal nyambung dengan topik yang dibahas...

      Hapus
  10. Kalau untuk hostingan blogger? apa itu juga berpengaruh sama komentar SPAM. :D Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  11. Maaf, mas bro saya mau menambahkan juga bahwa suatu komentar bisa disebut spam bila pakai anonim dan komentar panjang yang berisi iklan atau link aktif di tulis di kotak komentar. Spam jenis ini biasanya berasal dari luar negeri berbahasa Inggris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan Blog Unik...
      Kadang mereka bukan bertujuan untuk agar komentarnya ditampilkan, tapi memang hanya untuk agar dibaca oleh webmaster, karena isinya memang cuma iklan

      Hapus
  12. wah ,sangat bagus tuh mas bisa menyaring komentar yang spam ,semoga bermanfaat mas artikel nya.

    BalasHapus
  13. Berbahagialah mas Bahrul artikelnya byk komentar. Saya berbulan-bulan, berposting-posting, komentar gak datang-datang. Dari awal saya gak nyangka dari Judul artikel ini bisa membawa panggilan komentator2 yang bikin blog jadi makin seru. Saat ini saya lagi mendalami dimana titik sentral yg mampu merangsang komentator menuliskan maksudnya. Semoga komentar ini bukan kategori SPAM.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih mas Dismanto, saya juga ga nyangka kalau postingan ini mendapat respon yang hangat.
      Banyak juga postingan saya yang lain yang sama sekali tidak ada komentar nya.
      JIka tujuan nya agar postingan kita ramai dengan interaksi, ada itu tips nya, bisa di googling tips nya.
      Salam kenal
      Bahrul

      Hapus
  14. apakah kalo kita komen dan kita mengisi nama kita dengan nama web kita bukan nama kita termasuk spam juga.... bukannya ada plugin komen anti spam aku pake G.A.S.P wordpress plugin mungkin membantu...tanks gan

    BalasHapus
  15. Salam kenal mas Bahrul, informasinya mengenai komentar spam ini tepat spt yg sdg saya cari. Btw saya minta saran ya, saya br mengonlinekan blog saya dan mengaktifkan akismet (jg api key?). jujur saya tdk paham apa itu api key. saya msh sgt baru dlm bidang ini. pertanyaannya apalagi yg hrs saya lakukan agar tools ini dpt berfungsi max dlm blog saya? Thanks utk sarannya. Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akismet adalah nama plugins untuk script wordpress. Script ini dipakai jika kita meng online kan sebuah blog dengan domain dan hosting berbayar.
      Kalau Script wordpress sudah dipasang di domain kita yang telah di online kan di hosting, maka selanjutnya kita bisa pasang aneka plugin pembantu, contohnya adalah akismet yang berfungsi sebagai filter atau anti spam komentar.
      Untuk mengaktifkan akismet, kita akan diminta mengisi kode khusus yang bisa kita dapatkan dengan mendaftar gratis di : https://akismet.com/plans/
      Pilih saja yang gratis yah
      Nanti ikuti petunjuk untuk mendapatkan kode nya disana.
      Semoga membantu

      Hapus
  16. OpenID , hal yang wajib dicoba

    BalasHapus
  17. Langsung praktek in ah, semoga mas bahrul seneng dengan komentar ku ini...:D
    Trimakasih mas Bahrul , artikel contoh komentar spam nya bermanfaat. Semoga kedepannya saya bisa memberi komentar yang baik di blog orang lain.

    Hehehe :D sekedar becanda lo mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... iya bener... saya seneng dengan komentar nya mas obat kuat hehe

      Hapus
  18. terus bagaimana kita mengenalkan link kita tanpa harus dianggap spamer..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas ocie... baca lagi dari atas ya artikel dihalaman ini..
      jangan khawatir.... saya juga termasuk pemburu backlink kok.
      Semoga sukses ya toko online nya...

      Hapus

Maaf Juragan,Bos-bos, Komentarnya jangan spam yah. Yang Komentnya spam tdk akan saya tampilkan. Yang ada Link di Komentar juga tdk akan saya tampilkan.Trimakasih atas pengertiannya.
Apa itu Komentar Spam menurut saya?
Silahkan lihat disini : Contoh SPAM..