Bahrul Ulum Dot Com

Mendukung Internet Marketing Indonesia

LightBlog

Breaking

05 April 2012

Tips Meningkatkan Traffik Blog Website


Tips Meningkatkan Traffik Blog yang Turun Drastis Akibat GooglePanda
Blog anda trafiiknya turun dratis ? Baca Pengalaman saya dalam meningkatkan trafik blog yang turun akibat update google panda di bahrul-ulum dot com.

Ketika google mengupdate algoritma mesin pencariannya , ini langsung mempengaruhi lebih dari 40% dari hasil pencarian Google .Ratusan atau bahkan ribuan website berjumpalitan terkena imbas nya. Ada yang mengalami kenaikan traffik , ada juga yang traffik blog turun drastis.

Traffik Blog turun Drastis


Bahkan dilaporkan banyak perusahaan bisnis online yang terpaksa mem PHK karyawannya karena turunnya pendapatan tersebab traffik blog turun drastis akibat si panda .Sementara dilain pihak ada yang menikmati keuntungan akibat trafik yang tiba-tiba berdatangan bak durian runtuh.

Peristiwa turunnya traffik website secara dratis ini ,sebuah Assosiasi penerbit online memperkirakan bahwa 'giyangan' Google panda telah menyebabkan pergeseran uang senilai 1 milyar dolar dalam pendapatan tahunan.

Kenapa ini bisa terjadi? Ada apa dengan Google? Apa yang harus kita lakukan dalam menghadapi Google panda  ini ?Kenapa ini bisa meyebakan trafik webiste menurun atau meningkat, bahkan tanpa kita utak-atik sekalipun ?

Penjelasannya sebenarnya diberikan oleh google lewat  posting di Blog Google Webmaster   tentang segala hal yang dilakukan google untuk memperbaiki mesin pencarian dan kualitas hasil pencarian untuk pengguna , dan juga diberikan untuk cara atau langkah yang harus kita  lakukan agar website kembali ke indeks Google.

Dibawah ini kira-kira beberapa saran dari google dalam rangka menaikkan traffik blog kita yang menurun drastis.

1. Periksa laporan google analitik web Kita

Ini untuk mengidentifikasi kata kunci utama dan juga Long tail keyword yang paling turun peringkatnya selama update si panda  ini yaitu :

  • Periksa bagaimana pola mereka turun naik
  • Apa kata kunci yang paling mengalami penurunan, dan juga mungkin yang mengalami kenaikkan trafik

2.Tinjaulah seluru konten kita .

Periksa konten mana yang sebelumnya memiliki peringkat baik,dan ambil keputusan apakah konten ini akan kita hapus atau kita perbaiki dengan menambah kan perbaikan konten . Harus diperhatikan bahwa rendahnya kualitas  sebuah konten yang ada di website kita , akan mempengaruhi nilai website kita  secara keseluruhan.

3. Tips jika kita ingin mengedit total konten

Jika kita memutuskan untuk mengedit total  beberapa halaman di situs Web , maka ini rekomendasi yang disarankan :

  • Saran Pertama : masukkan Meta Robots noindex dan tag nofollow pada halaman yang akan di edit total, lalu perbaiki masalah nya. Setelah di edit , kemudian hapus kembali Meta Robots noindex dan tag nofollow tadi untuk di indeks ulang oleh search engine .
  • Saran Kedua : Mulai lah  proses itu dengan terlebih dahulu menangani halaman yang paling penting untuk kelangsungan hidup bisnis online kita .
  • Saran Ketiga : Kurangi jumlah link internal dan juga external link pada halaman tersebut dan halaman lain di situs Kita . Contoh, jika website kita  membidik pada keywords "Cara membuat template blog" maka periksa dan perbaiki semua konten yang menagdung link menuju posting cara mmebuat tem,plate blog tadi.
  • Saran ke empat : menambhakn konten pada halaman yang kandungan iklan nya banayk. Perhatiak perbandingan antara jumlah kalaimat didalam kontent dengan jumalh iklan yang muncul .
  • Saran ke lima : Gunakan atribut rel="canonical" pada halaman yang memiliki duplikat konten.
  • Saran ke enam : Menhapus konten boilerplate yang mungkin kita sertakan di konten situs Kita , sebisa mungkin kita harus membuat setiap halaman menjadi unik.

Catatan : Apa yang dimaksud konten boilerplate ? Konten boilerplate adalah sejumlah tulisan yang biasanya di sertakan di bagian bawah konten, misalnya seperti yang saya lakukan di web aluminium kaca saya, saya menempatkan disetiap halaman blog itu sederet kalimat ajakan kepada konsumen saya, yang semua kata2nya sama persis disetiap halaman. Nah kesalahan kecil ini yang mungkin membuat halaman web aluminium saya banyak yang terpental jauh kebelakang.

Ini contoh konten yang ada di bawah konten web aluminium kaca saya :

Jika Bapak/Ibu bermaksud menggunakan atau memasang KUSEN + PIntu + JENDELA ALUMINIUM dan Kaca , Silahkan hubungi Raban Group Cepta :
A/n : Bahrul Ulum
Telp / Fax : 021-82432485
Fleksi : 021-7011 4044
Simpati : 0812 926 3706
Atau lewat email di alumkaca(at)gmail.com .
Atau bisa kirim gambar lewat faks di : 021-82432485

Sebuah kesalahan yang tidak saya sadari.

4. Periksa halaman Lama yg terlupakan

Cari halaman-halaman lama di website Kita yang mungkn telah terlupakan , hilangkan tulisan atau link-link yang tidak berguna.

5. Lakukan Analisa ulang dan Kontinyu

Setelah kita melakukan hal diatas ,lalu kembali analisa apakah perubahan itu telah memperbaikin  peringkat web  Kita .

Nah itulah sebuah saran dari googlewebmaster blog yang dapat kita lakukan dalam rangka Meningkatkan traffik blog yang turun drastis. Jika anda memiliki tips atau saran ,silakan gunakan area komentar di bawah ini.

6 komentar:

  1. Gan terima kasih info yang berguna ini, situs saya juga kena impasnya ~ ini
    Denim, turun peringkat drastis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga dicoba untuk ganti template.Mungkin di template lama ada kesalahan tertentu yang tdk disukai panda.Say sdh mencoba hal ini.Ketika saya meruah template, tak lama kemudian beberapa artikel saya langsung muncul kembali peringkat 5 besar

      Hapus
  2. oke gan terima kasih saya akan mencoba ganti template indek saya habis dari 300 sekarang tinggal 100 pusing meningkatkannya lagi sebagai pemula langsung dapat masalah begini pusing maf jadi curhat ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus meng update blog dengan konten terbaru adalah salah satu cara ter ampuh dalam meningkatkan kembali Traffic, baik untuk artikel baru maupun artikel lama yang kehilangan Traffic.

      Hapus
  3. Mas, tanya nih. Apa konten boilerplate (seperti yang anda jelaskan itu) memang ikut mempengaruhi penurunan trafik blog ya? Jujur saja saya baru membaca hal itu di sini, dan baru paham kesalahan yang mungkin telah saya lakukan. Di salah satu blog saya memang saya sisipkan konten boilerplate seperti itu, dan nyatanya memang trafiknya menurun drastis.

    Nah, umpama saya sekarang menghapus semua konten boilerplate di blog saya, apakah trafiknya bisa meningkat lagi, mas? Soalnya menghapus semua itu kan butuh waktu dan energi tuh. Kalau gak ada pengaruhnya kok rasanya malas. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mas Natiq:
      Maaf mas Natiq itu semua (termasuk Boilerplate) adalah apa yang disarankan oleh Team Google saat merilis google panda dan sebagai jawaban kepada webmaster atas penurunan traffik pada website nya.

      Diatas saya menulis ada 5 saran dari Google, jadi boilerplate itu cuma salah satu saja.
      Jika kita ingin Traffic kembali, maka tak ada jalan lain untuk mengikuti saran dari yang empunya search engine... :D

      Semoga membantu
      Salam
      Bahrul

      Hapus

Maaf Juragan,Bos-bos, Komentarnya jangan spam yah. Yang Komentnya spam tdk akan saya tampilkan. Yang ada Link di Komentar juga tdk akan saya tampilkan.Trimakasih atas pengertiannya.
Apa itu Komentar Spam menurut saya?
Silahkan lihat disini : Contoh SPAM..