Bahrul Ulum Dot Com

Mendukung Internet Marketing Indonesia

LightBlog

Breaking

06 April 2012

SUMBER HUKUM ISLAM

Anda mencari artikel Sumber dan macam-macam Hukum Islam? Baca lengkap pengertian hukum Islam dan siapa yang wajib menjalankan syariat Islam itu disini.

Pengertian Hukum Islam

Apa Arti Hukum Islam  ?

Pengertian Hukum Islam adalah peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan yang berhubungan dengan kehidupan manusia berdasarkan Al Qur’an dan Hadis. Hukum Islam ini biasa disebut dengan Syariat Islam. Tulisan ini saya sarikan dari berbagai sumber baik di internet maupun makalah hukum Islam dan buku-buku tentang Islam, semoga yang membuat artikel dan yang menyebarkannya kembali mendapt rahmat dari Allah SWT. Amiinn

Apa Tujuan dari Hukum Islam ?

Hukum dibuat untuk mengatur kehidupan, maka Hukum Islam dibuat untuk mengatur peribadatan orang Islam ,baik ibaddah kepada Allah ( Hablum minallah) dan kepada manusia ( Hablum minannas).

Apa Sumber Hukum Islam

Menurut Imam Syafi'i didalam kitab Ar Risalah , bahwa Hukum Islam Bersumber dari :

  1. Alquran
  2. Hadist Nabi Muhammad SAW 
  3. Ijma Ulama Islam (kesepakatan Ulama)
  4. Qiyas

Pengambilan sumber hukum Islam berawal dari Alqur’an yg merupakan firman Allah yg disampaikan lewat malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW, jika di Alquran tidak menjelaskan rinci tentang suatu perkara,maka hukum akan diambil dari Al hadist , dan jika di hadist tidak ada penjelasan tentang perkara itu, maka para ulama mengambil Ijma' memberikan fatwa yang akan dipertanggung jawabkannya kehadapan Allah SWT.

Untuk lebih lengkap dengan pendapat dari Imam-imam Mazhab yg empat silahkan lihat disini :
Sistematika Sumber Hukum Islam Menurut Empat Imam Mazhab.


Siapa yang wajib menjalankan Hukum Islam?

Yang wajib menjalankan Hukum Islam adalah seluruh orang Islam yang telah dewasa  yang disebut dengan : Mukalaf. Jadi arti Mukalaf adalah seorang yang telah mencapai usia dewasa, dan wajib menjalankan syariat Islam.

Note : awas… bedain yah antara  mukalaf dan mu’alaf. Arti  Mu’alaf adalah seseorang yang baru memeluk atau masuk kedalam agama Islam.

Apa batasan Dewasa atau Mukallaf didalam Islam?

Seseorang telah dikatakan dewasa jika seseorang telah mencapai akil baligh, yakni :
1. Telah sempuma akalnya 
2. Telah mampu membedakan baik dan buruk.
3. Bagi anak laki-laki telah keluar air mani, atau telah mimpi bersetubuh. atau telah berusia 15 tahun.
4. Sedangkan bagi anak perempuan telah mengalami menstruasi (haid). yaitu keluarnya darah kotor dari rahimnya. serta telah berusia 9 tahun lebih. 
Nahhh.. kalau sudah tau siapa saja yang wajib memegang teguh dan menjalankan semua syariat Islam, kini kita masuk ke jenis- jenis hukum Islam didasarkan pada tingkat keutamaan dan keharusan dijalankan yaitu :
 

Dasar Hukum Islam dibagi Lima bagian Utama :

1. Hukum Islam Pertama adalah : Wajib atau Fardhu

Wajib adalah amal (perbuatan) yang jika dikerjakan mendapat pahala dan bila ditinggalkan mendapat dosa. Dalam bahasa Arab kata wajib adalah fardhu.

Dan hukum Islam yg Wajib/Fardhu ini terdiri dari dua bagian  yaitu:


A. Wajib/Fardhu Ain :  artinya amal (perbuatan) yang harus dikerjakan oleh setiap mukalaf (kewajiban perseorangan), misalnya :
• Mengerjakan Sholat lima waktu . Lihat disini tentang Sholat Fardhu
• Puasa Ramadhan
• Zakat
• Pergi Haji ( jika mampu dan siap mental,fisik dan material)

B. Wajib/ Fardhu Kifayah: yaitu amal (perbuatan) yang cukup dilakukan oleh beberapa orang mukalaf saja, sedangkan yang lainnya bebas atas kewajiban itu.

Akan tetapi jika tak ada seorang pun yang melakukannya, maka semua orang mukalaf di daerah  itu berdosa, misalnya :
memandikan jenazah (mayat), mengkafani (membungkus), men Sholat kan dan menguburkannya. 

2. Hukum Islam Kedua adalah : Sunat

Amalan sunat adalah sebuah amalan atau perbuatan  yang bila dikerjakan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan tidak berdosa.

Amalan sunah ini dibagi lagi menjadi dua bagian , yaitu : 

A. Sunnah mu’akkad . merupakan amalan sunat yang sangat dianjurkan dikerjakan. sebab Rusulullah selalu mengerjakannya..

Contoh amalan sunnah mu’akadah :

  • Sholat  Tarawih.
  • Sholat  Idul Fitri dan idul Adha 
  • Sholat Tahajjud.
  • Sholat Dhuha 

B. Sunnah Ghoiru mu’akkad, yaitu amalan yang dianjrukan untuk dikerjakan tapi tidak sepenting amalan sunat mu’akad.Nabi Muhammad  kadang mengerjakannya dan kadang- kadang tidak  mengerjakan. Contohnya Sholat sunat dua rakaat sebelum maghrib. 4 rakaat sebelum Ashar, dan lain- lain.

Lebih lengkap tentang amalan Sholat sunat bisa lihat disini : Sholat Qobliyah dan Ba’diyah

3. Hukum Islam Ketiga adalah :.. HARAM

Haram adalah amal perbuatan yang bila dikerjakan mendapat dosa dan bila ditinggalkan mendapat pahala. misalnya berzina. meminum minurnan keras, mencuri. menipu, berdusta. durhaka pada ibu bapak, dan sebagainya. Lebih lengkap tentang hal amalan yang haram bisa lihat disini

4. Hukum Islam Keempat adalah : MAKRUH

Makruh adalah amal (perbuatan) yang jika dikerjakan tidak berdosa dan jk ditinggalkan mendapat pahala. Intinya : Amalan makruh  adalah sesuatu yg sebaiknya ditinggalkan, misalnya merokok, memakan petai,jengkol. bawang mentah, dan lain sebagainya. 

5. Hukum Islam Kelima adalah : Mubah

Mubah adalah amal perbuatan yang bila dikerjakan atau ditinggalkan tidak mendapal pahala dan tidak berdosa.misalnya makan. minum. tidur, dan sebagainya. 

Pondasi Syariat Islam Yang lain :

Hukum SYARAT  :

SYARAT  adalah ketentuan-ketentuan atau perbuatan perbuatan yang harus dipenuhi scbclum melakukan suatu pekerjaan. Tanpa memenuhi ketentuan atas amalan tersebut. suatu pekerjaan dianggap tidak sah. misalnya menutup aurat sebelum mengerjakan Sholat, dll 

Hukum RUKUN

Rukun adalah ketentuan atau perbuatan yang harus dipenuhi dalam melakukan suatu pekerjaan. Tanpa memenuhi ketentuan atau perbuatan tersebut. suatu pekerjaan dianggap tidak sah. misalnya membaca surat Al-Fatihah dalam Sholat. dan lain sebagainya. 

Hukum SAH

SAH  artinya sarat dan rukunnva telah terpenuhi secara benar. Misalnya, Sholat seseorang dianggap sah jika Sholat itu dikerjakan sesuai dengan syarat dan rukunnva yang telah ditentukan, dan dikerjakan dengan benar. 

Hukum BATAL

BATAL artinya syaratdan rukunnya belum terpenuhi seluruhnya. atau tclah terpenuhi tetapi tidak dilakukan secara benar. 


Demikian lah Pondasi hukum syariat Islam yang mesti dijalankan oleh umat Islam yang telah Mukalaf, semoga kita kita mampu menjalankannya agar selamat dunia dan akhirat. Amiienn
Wasalam

2 komentar:

  1. Terimakasih kak Bahrul Ulum , saya sedang ditugaskan oleh guru sekolah untuk membuat makalah sumber hukum Islam. Izin mencopy nya ya.Saya doa'akan semoga kakak mendapatkan pahala dari Allah SWT, amiiinnn
    >>dari Endi<<

    BalasHapus
  2. Subhanallah Sumber Hukum Islam Ternyata lengkap dan jelimet juga yah...Terimakasih sudah sharing mas

    BalasHapus

Maaf Juragan,Bos-bos, Komentarnya jangan spam yah. Yang Komentnya spam tdk akan saya tampilkan. Yang ada Link di Komentar juga tdk akan saya tampilkan.Trimakasih atas pengertiannya.
Apa itu Komentar Spam menurut saya?
Silahkan lihat disini : Contoh SPAM..