Bahrul Ulum Dot Com

Mendukung Internet Marketing Indonesia

LightBlog

Breaking

07 Desember 2009

Verifikasi Google dengan Versi HTML

Verifikasi Blog ke Google Dengan Versi HTML

Verifikasi blog ke Google Webmaster tool sebenarnya lebih mudah dengan cara versi HTML , tapi tentunya cara ini khusus untuk blog dengan domain yang bisa mengakses ke dalam server hosting , dan bisa memasukkan kode yang diberikan google ke dalam server hosting domain kita.

Saya katakan lebih mudah dan juga lebih simple , karena kita hanya perlu sekali saja untuk mengupload file HTML dari Google Webmaster tool , ke root server domain. Bandingkan jika kita menggunakan versi “Meta tag” dimana kita harus melakukan beberapa langkah dan juga harus lebih jeli dalam mencari dimana tempat yang seharusnya.

Dan jika kita merubah themes blog kita maka kita harus memasukkan ulang kode verify dengan metode “meta tag” ini. Sedangkan dengan metode “HTML” kita tak perlu susah-susah bolak-balik memasukkan kode verify tsb.

Untuk memverifikasi situs Anda ke Google Webmaster tool dengan mengupload sebuah file HTML cara nya sbb :


  • Pada Webmaster Tools Home page, klik Verifikasi pada link di sebelah URL situs yang Anda inginkan.
  • Pilih metode verifikasi, pilih Upload sebuah file HTML, Lalu download lah file yg diberikan Google Webmaster tool , dengan cara klik kiri link tsb dan simpan ke hardisk anda.
  • Upload file ke server web Anda ke lokasi Root server domain anda. Anda bisa menggunakan FTP seperti Fillezilla . Catatan: Jangan melakukan perubahan apapun pada nama atau isi dari file.
  • Langkah selanjutnya Konfirmasi kembali jika telah berhasil meng-upload fiel HTML itu , dengan mengklik link yang disediakan. Tandanya file telah sukses di upload adalah dengan coba membuka link yang disediakan google di halaman baru browser kita,
  • Jika Anda telah meng-upload file HTML dan kita dapat membuka link halaman verifikasi di browser , maka klik lah tombol Verifikasi. Dan google akan memverifikasi bahwa file ada di lokasi yang ditentukan.

Jika google tidak dapat mengakses file HTML yg kita upload , google akan memberikan informasi tentang error yang google temui. Namun jangan dulu menyerah , Setelah beberapa saat cobalah untuk memverifikasi situs Anda lagi. Pada kasus saya, terjadi pesan error tsb , dan saya diamkan se saat , lalu saya coba klik tombol “verify” dan proses verifikasi pun berhasil dilaksanakan.

Catatan : trik ini cocok utk yang tidak ingin menggunakan plugin dalam verivikasi. Juga cocok untuk jenis themes yang sulit dalam menemukan tag </head> . Salah satu contoh nya adalah themes Inove. Untuk dapat lebih mudah dalam cara memasukkan kode verify google webmaster di themes inove , maka gunakakannlah cara ini.

Update 08 April, Khusus utk blogspot, ada cara paling mudah dalam hal verifikasi ke google, silahkan lihat caranya di : cara-paling-mudah-verifikasi-google

Semoga bermanfaat
Sumber artikel : Google-Webmaster-tool

Tagline :
  • cara verifikasi google webmaster
  • Pilih metode verifikasi
  • kode verifikasi google
  • cara verifikasi domain google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf Juragan,Bos-bos, Komentarnya jangan spam yah. Yang Komentnya spam tdk akan saya tampilkan. Yang ada Link di Komentar juga tdk akan saya tampilkan.Trimakasih atas pengertiannya.
Apa itu Komentar Spam menurut saya?
Silahkan lihat disini : Contoh SPAM..