Bahrul Ulum Dot Com

Mendukung Internet Marketing Indonesia

LightBlog

Breaking

03 Desember 2009

Menangani Peringkat Blog Turun

Cara Menangani Peringkat Blog Yang Turun Drastis

“Mas bisa minta Tolong…Aku baru saja kehilangan semua Traffik dari Google …!!

Pertanyaan ini sering saya dengar dan saya lihat di sebagian forum , beberapa blogger yang melihat statistik blog nya menemukan bahwa sebagian besar Traffik mereka telah benar-benar hilang akibat adanya semacam perubahan algoritma Google . Peringkat situs mereka menghilang dari hasil pencTraffik_Googlearian atau setidaknya terlempar ke halaman di peringkat bawah.

Perasaan akan kehilangan Traffik dapat sangat menyesakkan dada. saya masih ingat pertama kali itu terjadi pada blog saya . Ketika Traffik blog saya telah bagus – cukup bagus untuk membuat hidup penuh arti. 

Lalu ketika tiba-tiba Traffik dari Google menghilang atau turun sampai 30% dari ‘normal’ Traffik , maka rasanya impian saya menjadi seorang full time blogger membuyar begitu saja.

Apa yang harus dilakukan ketika Traffik Google blog menghilang ?

Sebuah Pertanyaan yang sama untuk semua blogger yang mengalami penurunan Traffik :
- apa yang harus saya lakukan?

Ini pertanyaan yang sulit untuk dijawab – Sebabnya karena saya tidak begitu mengerti dengan cara kerja Google dan tidak memiliki cukup pengetahuan untuk hal itu , dan sebagian lagi karena ada beberapa perbedaan untuk hal yang membuat traffik menurun.

Saya juga bukan ahli SEO , jadi saya tidak akan memberikan saran teknis apapun – tetapi izinkan saya memberikan beberapa saran umum untuk memulai dengan beberapa hal yang biasa saya lakukan yaitu sbb :

1. Tidak Panik

Ini sudah terjadi pada saya setidaknya beberapa kali selama saya blogging , saya bisa mengingat jumlah fluktuasi yang sama dari Google yang mencatat adanya penurunan dan peningkatan dalam Traffik . Itu terjadi pada kita semua – kadang-kadang dalam taraf yang besar dan kadang-kadang dalam taraf yang kecil.

Dalam tulisan suatu “Tanya jawab” yg sy baca antara blogger terkemuka dengan seorang karyawan Google , dia mengatakan bahwa Google setiap hari membuat beberapa perubahan cara menyusun peringkat situs , sehingga dari waktu ke waktu kita semua pasti akan mengalami perubahan-perubahan tersebut.

Kuncinya adalah agar kita tidak membuat perubahan besar-besaran dengan SEO situs kita atau melakukan reaksi frontal terhadap perubahan yang terjadi dalam peringkat situs kita.

Bagi saya ketika hal ini terjadi pertama kalinya (ketika saya kehilangan 70% dari Traffik saya) saya sangat tergoda untuk membuat perubahan besar situs saya dengan mencoba memperbaiki beberapa hal .

Namun saya disarankan oleh beberapa master berpengalaman untuk menunggu. Dan saran bijak itu Saya lakukan , dan Alhamdulilah dalam beberapa minggu kemudian hampir semua Traffik kembali normal .

Jika Traffik tidak kembali setelah jangka waktu tertentu , Anda mungkin ingin mendapatkan nasehat dari para pakar SEO untuk membuat beberapa perubahan besar – tetapi saya secara pribadi cukup senang ketika saya hanya mencari beberapa tips “cara meningkatkan Traffik” daripada melakukan sesuatu yang sulit dan tidak tau juntrungannya.

Tentu saja ada saat-saat ketika kita mungkin perlu membuat beberapa perubahan …. seperti misalnya : ….

2. Periksa lah Apakah Ada Black Hat SEO di blog kita ?

Google memiliki pedoman untuk webmaster. Jika Anda ingin peringkat yang baik dalam mesin pencari Google, maka Anda harus mengikuti aturan mereka. Tentu saja ada beberapa webmaster yang mencoba melakukan beberapa trik diluar pedoman yang diberikan goggle itu, atau ‘memanipulasi’ aturan2 tsb , (Bahkan banyak web master yang mencari nafkah dengan melakukan hal itu )- namun jika Anda ketahuan melanggar aturan Google, Anda mungkin akan terkena pinalti Google.

Jika hal ini terjadi , Anda memiliki dua pilihan yaitu :

* Memperbaiki kesalahan yang Anda lakukan dan minta pertimbangan kembali (reconsideration) ke indeks Google
* Tetap melakukan apa yang Anda lakukan, dgn konsekuensi anda akan menderita

Saya tahu banyak blogger yang sudah meminta untuk “reconsideration” dan telah dipulihkan kembali ke indeks. Memang Diperlukan waktu beberapa minggu untuk hal ini , tetapi dalam jangka panjang hal itu sangat bermanfaat dan merupakan opsi terbaik.

3. Membangun Traffik dari Sumber Lain

Pelajaran terbesar yang saya ambil ketika saya kehilangan sebagian besar Traffik sebagai akibat dari perubahan algoritma Google adalah bahwa saya perlu diversifikasi atas ” Cara saya dalam membangun Traffik” untuk blog saya.

Sampai dengan saat itu saya hampir secara terus- menerus bekerja untuk memburu Traffik dari Google. Rasanya seperti “obat untuk penyembuh” saja , karena saya telah menjadi tergantung dalam beberapa hal, dan banyak waktu yang saya habiskan untuk menulis konten untuk si om Google dan berusaha untuk ‘mendapatkan backlink’ ke konten saya dari situs lain.

Saya tidak benar-benar menulis untuk pembaca biasa atau berusaha untuk membangun komunitas di blog saya – saya hanya ingin Traffik yang kuharap akan mengklik iklan atau program affiliate yang ku ikuti .

Cara-cara itu memang telah memberikan hasil untuk blog saya – namun ketika Traffik dari Google menghilang, saya merasa ditinggalkan sedikit demi sedikit, sampai saya menyadari betapa kecil saya terlihat selama ini. Akhirnya saya mulai mengubah fokus dan mulai mencari sumber -sumber Traffik dari yang lain.

Bagaimanapun saya masih mengharapkan Traffik dari Google , tetapi sekali lagi jika semua menghilang , itu akan terasa sesak dan menyakitkan – tapi itu tidak akan menjadi akhir untuk bisnis saya.

Untuk postingan selanjutnya saya akan berusaha memaparkan tulisan dalam mempelajari sejumlah cara agar kita menjadi tidak terlalu bergantung pada Traffik dari Google , atau dengan kata lain : Bagaimana cara membangun Traffik dari sumber-sumber lain –

Semoga bermanfaat….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf Juragan,Bos-bos, Komentarnya jangan spam yah. Yang Komentnya spam tdk akan saya tampilkan. Yang ada Link di Komentar juga tdk akan saya tampilkan.Trimakasih atas pengertiannya.
Apa itu Komentar Spam menurut saya?
Silahkan lihat disini : Contoh SPAM..